Selain mengonsumsi vitamin untuk ibu hamil, nutrisi seimbang juga sangat dibutuhkan agar kehamilan bisa berjalan lancar. Ibu hamil harus mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein, asam folat, dan juga vitamin D yang sangat baik untuk perkembangan janin. Lantas, apa saja makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil? Ini dia daftarnya:

  1. Serealia dan kacang-kacangan. Serealia yang kaya akan karbohidrat wajib dikonsumsi sebagai sumber energi harian bagi ibu hamil. Salah satu serelia yang bisa dipilih adalah gandum dan juga beras merah. Sementara itu, kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, dan juga kedelai kaya akan protein dan asam folat yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Baik serealia dan kacang-kacangan mengandung serat yang bisa membantu mengurangi sembelit.
  2. Sayuran hijau. Tentunya, sayuran hijau masuk ke dalam daftar makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa sayuran yang sebaiknya dikonsumsi adalah bayam, kale, selada, dan juga kailan karena mengandung zat besi, vitamin K, dan asam folat.
  3. Ikan. Jenis makanan yang selanjutnya wajib dikonsumsi adalah ikan. Seperti yang sudah diketahui, ikan mengandung protein dan vitamin B serta kaya akan omega 3. Zat-zat ini sangat baik untuk perkembangan mata dan juga otak janin di dalam perut. Beberapa ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah salmon, tuna, dan juga sarden.
  4. Telur. Selain ikan, sumber protein lain yang bisa dikonsumsi adalah telur. Telur mengandung asam amino yang bagus untuk pertumbuhan sel-sel bayi. Tidak hanya itu, telur juga kaya akan vitamin D, mineral, serta kolin yang berperan penting untuk perkembangan otak bayi. Tentunya, disarankan untuk mengonsumsi telur yang matang alih-alih setengah matang.
  5. Yoghurt. Untuk makanan penutupnya, Ibu disarankan untuk mengonsumsi yoghurt karena yoghurt mengandung kalsium yang lebih banyak dibanding susu. Yoghurt juga tinggi protein sehingga bagus untuk kandungan Ibu. Pilihlah yoghurt plain alias tanpa rasa serta yang rendah lemak.
Itu dia jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil. Silakan atur jadwal menu harian agar nutrisi ibu hamil tercukupi setiap harinya ya. Selain itu akan lebih baik jika Ibu mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan sebelum mengonsumsi makanan yang masih menjadi pertanyaan. Seperti bolehkah ibu hamil mengonsumsi hati ayam? Sebab di dalam makanan tersebut terkandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, namun juga mengandung hal yang kurang baik untuk ibu hamil. Dengan berkonsultasi pada dokter, Anda akan mengetahui secara pasti aaman atau tidaknya. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar