Siapa sih yang tidak suka memanfaatkan wifi gratis di ranah publik? Saat sedang nongkrong di kafe atau makan di restoran, jika tempat yang kita kunjungi memiliki fasilitas wifi gratis, pasti deh kita akan langsung menyambungkan perangkat kita untuk menikmati layanannya. Mudahnya mencari tempat Jual Access Point menjadi alasan nih mengapa banyak tempat umum yang memasang wifi di areanya. Dan karena fasilitas ini memang sengaja disediakan untuk umum, jadi penyedia fasilitas ini tidak perlu repot menginstal aplikasi untuk melacak pencuri wifi.
Akan tetapi, wifi publik ini tidak selamanya aman. Agar tidak menjadi bumerang untuk kamu,
aman berinternet
simak beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat memakai wifi publik!
1.      Jangan pernah melakukan transaksi online. Nah, ini nih salah satu kebiasaan yang sebaiknya dihindari saat menggunakan wifi gratis di ranah publik. Mentang-mentang gratis, kita menggunakan wifi ini untuk mengakses apa saja, termasuk melakukan transaksi dengan mobile banking atau internet banking. Padahal, patut diketahui bahwa wifi gratis ini seringnya tidak dilengkapi dengan keamanan yang ketat. Artinya siapa saja bisa menembus wifi ini dan memanfaatkan data-data perbankan kamu untuk hal yang tidak diinginkan.
2.      Membuka sistem informasi perusahaan. Untuk kamu yang sering bekerja di luar, entah di kafe atau di mana pun, pasti pernah dong menggunakan layanan wifi gratis ini untuk bekerja? Well, sebenarnya hal ini berbahaya, lho. Jika kamu memang sedang bekerja di luar kantor, hindari menggunakan wifi gratis dan gunakanlah modem pribadi. Terlebih jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk selalu terhubung dengan sistem informasi perusahaan. Dikhawatirkan ada orang-orang iseng yang menyelusup masuk melalui jaringan wifi ini untuk memanfaatkan data sensitif yang tersimpan dalam sistem informasi ini. Bahkan yang lebih berbahaya, akun seseorang bisa dibobol karena kamu tidak hati-hati dalam menggunakan wifi di ranah publik.
3.      Mengakses situs deep web atau dark web. Kamu tentunya sudah tahu dong apa yang dimaksud dengan deep web atau dark web? Nah, ketika menggunakan wifi gratisan ini, mungkin kamu penasaran untuk mengaksesnya dan pada akhirnya pun memutuskan untuk membuka situs ini. Patut diketahui nih kalau deep web dan dark web ini memiliki ratusan bahkan ribuan virus yang siap untuk menelusup masuk ke dalam perangkat elektronik kamu ketika kamu mengaksesnya. Bahkan, bukan tidak mungkin jika webcam, microphone, hingga data penting yang ada di perangkat kamu bisa dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya, ketika menggunakan wifi gratis atau tidak, hindari untuk mengakses situs berbahaya ini.
4.      Membuka konten yang tidak pantas. Ingatlah bahwa kamu berada di ranah publik dan mengakses situs melalui jaringan internet gratis. Artinya, jejak pencarianmu terpantau dan bisa dilihat oleh siapa saja. Untuk itu, gunakan internet gratis ini seperlunya, untuk membuka konten yang ramah publik. Hindari mengakses situs pornografi, perjudian, konspirasi, dan lain sebagainya.
Itu dia beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menggunakan wifi publik. Sebaiknya kamu mulai berhati-hati dari sekarang, ya. Selamat mencoba dan semoga membantu!

0 komentar:

Posting Komentar