Ketika hamil, Anda tentunya merasa was-was dengan asupan gizi Anda dan mulai memperhatikan makanan apa yang harus dimakan dan makanan apa yang harus dihindari selama fase kehamilan. Sebagai semua makanan yang Anda makan akan berdampak pada janin yang ada di dalam perut. Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini adalah daftar makanan ibu hamil yang sebaiknya Anda hindari karena dapat berdampak buruk pada kehamilan Anda.

1. Junk Food. Secara umum, junk food memang merupakan makanan yang harus dihindari karena mengandung bahan-bahan yang bisa membahayakan tubuh. Ketika Anda mengambil makanan di supermarket yang dapat digolongkan sebagai junk food, cobalah memeriksa daftar bahan-bahan dan cek nutrition label-nya. Jika hampir setengah dari label tersebut tidak bisa Anda identifikasi, maka lebih baik tidak usah memakannya. Anda tidak membutuhkan garam, MSG, dan juga zat-zat adiktif lainnya yang ada di dalam junk food. 

makanan ibu hamil2. Gula. Saat hamil, Anda juga harus membatasi kandungan gula yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Gula yang dimaksud bukan hanya gula di dalam makanan, namun gula campuran yang ada di dalam minuman seperti jus, soft drinks, dan lain sebagainya. Mengonsumsi banyak gula bukan hanya akan menanggu kadar insulin dan kemungkinan diabetes, tetapi juga bisa membuat tubuh melemah karena sistem imun yang turun.

3. Daging yang kurang masak. Anda gemar memakan sushi atau steak? Sebaiknya, pikir-pikir lagi kebiasaan Anda mengonsumsi makanan tersebut. Daging yang dimasak dengan kurang matang bisa terkontaminasi bakteri, toksoplasma, dan dilekati oleh bakteri salmonella. Jika ingin mengonsumsi daging, sebaiknya konsumsilah daging yang dimasak sendiri karena Anda bisa memastikan bahwa daging tersebut sudah cukup matang dan cukup aman untuk dimakan.

4. Sayur dan buah yang tidak dicuci. Seringkali, kita ingin merasakan sensasi segar dari buah dan sayuran yang baru dipetik dari pohonnya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa buah dan sayuran kini sudah terkontaminasi dengan pestisida? Ya, pestisida digunakan untuk menjaga pertumbuhan sayur dan buah agar tidak dihinggapi serangga. Sebaiknya, cuci buah dan sayuran dengan air mengalir agar kotoran yang melekat bisa hilang.
Memperhatikan berbagai jenis makanan yang bolehdan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil ini sangatlah penting, karena berkaitan langsung dengan kesehatan ibu dan janin. Efek dari melanggar pantangan ini terkadang memang tidak langsung terlihat, namun tetaplah beresiko membahayakan kesehatan. Karena itulah, pastikan untuk menghindari setiap pantangan dan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang disarankan. (Tr)

0 komentar:

Posting Komentar